Jumat, 22 Januari 2010

hadarah dan madaniah

ada perbedaan istilah antara hadarah dan madaniah. hadarah adalah sekumpulan ide atau mahafim dasn mempunyai faktas dalam kehidupan. sedangkan madaniah adalah bentuk- bentuk fisik dari suatu benda. madaniah ada yang bersifat umum dan ada yang bersifat khusus. mafasniah yang bersifat am yaitu yang berupa hasl dari suatu ilmu pengetahuan sains dan technology. tidak dipengaruhi oleh pekiran dari mabda tertentu. madaniah yang bersifat khusus yaitu dipengaruhi oleh hadharah tertentu. terdsapat perbedaan antara hadarah dan madaniah. berupa asas, gsambasran tentang kehidupan dan makna kebahagiaan.
landasan dari hadarah barat : kapitalisme demokrasi atau sekulerisme. yaitu pengingkaran agama dari kehidupan. agama adalah urusan dari masing-masing individu, tidak berhak membuat aturan dalam kehidupan.
asas dari hadarah islam keimanan terhadap aturan Allah SWT.

dari segi gambaran tentang kehidupan
hadarah barat berdasarkan pada manfaat. tolok ukur adalah manfaat.
hadarah islam penggabungan dari materi dan ruh. sejalan dengan perintah Allah dan laranganNya.
makna kebahagiaan
barat yaitu memperoleh kenikmatan jasmani. ketika kenikmatan jasmani terpenuhi aktifitas lainnya yang membawa manfaat terpenuhi maka itulah makna kebahagiaan.
dalam islam apabila meraih ridho Allah. kebutuhan jasmani hanyalah sarana menjaga kelangsungan hidup manusia.
mentuk - bentuk madaniah yang dihasilkan barat dan islam berbeda.
lukisan wanita telanjang adalah bentuk madaniah dihasilkan dari peralatan menggambar. apabila dipengaruhi oleh hadarah barat hal tersebut tidak apa-apa karena bagian dari seni.
islam melarangnya karena akan merangsang naluri seksual dan merusak akhlak.
dsmpak negatif yang ada pada hadarah barat terjasinya keguncangan dalm hidup berbeda dengan hadarah islam yang telah terbukti sekian abad yang lalu telah mensejahterakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar